Breaking News

Tentang Tarekat Haqmaliyah


Pada tulisan ini akan dibahas mengenai Sekilas Tarekat Haqmaliyah, Bai'at dan Silsilah Tarekat Haqmaliyah

Tarekat ini berpegang teguh kepada Al Qur’an dan Al Hadits, juga mempunyai kitab panduan atau Kitab Pengantar pemahaman tentang inti ajaran Haqmaliyah yang disebut "Kitab Layang Muslimin-Muslimat",  terdiri dari enam jilid ditulis dalam bahasa Sunda dalam bentuk tembang atau pupuh lagu dan dikarang tahun 1930 oleh Mama Raden Asep Martawidjaja bin H. Muhammad Kahfi. 

Baru pada bulan Mei tahun 1996 Kitab Layang Muslimin Muslimat diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Sobarnas setelah mendapat persetujuan Raden Toto Mutholib Martawidjaja selaku Mursyid pada masa itu. Kitab Layang Muslimin-Muslimat edisi bahasa Indonesia dirampingkan menjadi empat jilid.

Pada zaman Raden Toto Mutholib Martawidjaja dibuatlah sebuah Yayasan Miftahul Ulum. Yayasan dimaksud dimaksudkan untuk mewadahi, tempat berkumpul dan bersilaturrahmi ikhwan haqmaliyah. Menariknya dalam pertemuan selalu dibahas hasil penemuan-penemuan spritual atau hasil lelakon dari para ikhwan dan kemudian dijelaskan oleh mursyid apa yang telah mereka temui. Selain itu, yayasan ini menitik beratkan aktifitasnya dibidang pendidikan. Saat ini Yayasan Maftahul Ulum dikelola oleh anak Raden Toto Mutholib Martawidjaja.

Pengikut tareqat Haqmaliyah sudah menyebar hampir diseluruh wilayah Indonesia bahkan menurut Mursyid yang saat ini yang bermukim di Cimahi, ajaran inipun telah sampai kenegeri Belanda yang di bawa langsung oleh keturunan Raden Muhammad Kahfi. Tareqat ini bukan hanya milik orang Sunda seperti yang di tulis dalam sebuah blog akan tetapi milik umat. Siapapun boleh ikut dalam tarekat ini asal dia seorang muslim.

Dalam silsilahnya, tareqat ini sambung menyambung dari Nabi Muhammad saw, 12 Imam Ahlul Bait Syiah Imamiyah, beberapa wali tanah jawa seperti Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati sampai dengan Mursyid yang terakhir. Penyebaran tareqat ini dikenal pada masa Syech Muhammad Kahfi atau lebih dikenal dengan Syekh Datul Kahfi seorang pelaku sejarah di Kabupaten Garut.

Ayat Al Quran maupun Hadis yang sering digunakan untuk memperdalam pengetahuan tentang Ketuhanan dalam tareqat Haqmaliyah antara lain; awaludinni ma’rifatulaah, innalillahi wa innailaihi roojiun, moutu antal qoblal maotu, nurun ala nur, man arofa nafsahu faqod arofa raobbahu wa man arofa robbahu faqod jahilan nafsahu, wa nahnu akrobu ilaihi min hablil warid, dll.

Untuk mempelajari tareqat ini tidak bisa hanya belajar luarnya saja karena ada batasan-batasan yang boleh disampaikan dan yang tidak. Perlu waktu yang lama serta istiqomah sehingga dapat benar-benar memahami semua inti ajaran tareqat Haqmaliyah.


Sekilas Tarekat Haqmaliyah

Tumbuhnya tarekat dalam Islam sesungguhnya bersamaan dengan kelahiran agama Islam itu sendiri, yaitu sejak Nabi Muhammad saw diutus menjadi Rasul.  Fakta sejarah menunjukkan bahwa pribadi Nabi Muhammad saw sebelum diangkat menjadi Rasul telah berulang kali melakukan tahannust dan khalwat di Gua Hira' di samping untuk mengasingkan diri dari masyarakat Makkah yang sedang mabuk mengikuti hawa nafsu keduniaan. Tahhanust dan Khalwat nabi adalah untuk mencari ketenangan jiwa dan kebersihan hati dalam menempuh problematika dunia yang kompleks tersebut.

Proses khalwat nabi yang kemudian menerima wahyu dari malaikat Jibril disebut tarekat tersebut sekaligus diajarkannya kepada Sayyidina Ali ra. sebagai cucunya. Dan dari situlah kemudian Ali mengajarkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya sampai kepada Syeikh Abdul Qodir Jaelani di daerah Timur Tengah, dan lalu masuk ke Indonesia dibawa melalui para wali yang terkenal dengan sebutan Wali Songo pada jalur Syaikh Syarif Hidayatullah/Sunan Gunung Djati. Sebagaimana dalam silsilah tarekat Haqmaliyah yang merujuk pada Syaidina Ali r.a dan Abdul Qadir Jaelani dan seterusnya adalah dari Nabi Muhammad saw, dari Malaikat Jibril dan dari Allah Swt.


Bai'at

Untuk mengamalkan tarekat tersebut melalui tahapan-tahan seperti :
  1. Pertama, adanya pertemuan guru (syeikh) dan murid. Lalu calon murid apabila ingin mejadi murid dari Tarekat ini haruslah memenuhi beberapa syarat tertentu terlebih dahulu. Di antaranya, adalah harus terlebih dahulu berpuasa selama 10 hari.
  2. Kedua, tahap perjalanan. Tahapan kedua ini  tergantung dari ke zuhudan murid dalam mengamalkan ilmu yang diterima.
Tarekat (thariqah) secara harfiah berarti jalan sama seperti syariah, sabil, shirath dan manhaj. Yaitu jalan menuju kepada Allah guna mendapatkan ridho-Nya dengan mentaati ajaran-ajaran-Nya. Semua perkataan yang berarti jalan itu terdapat dalam Al quran, seperti QS Al-Jin:16," Kalau saja mereka berjalan dengan teguh di atas thariqah, maka Kami (Allah) pasti akan melimpahkan kepada mereka air (kehidupan sejati) yang melimpah ruah".

Istilah thariqah dalam perbendaharaan kesufian, merupakan hasil makna semantik perkataan itu, semua yang terjadi pada syariah untuk ilmu hukum Islam. Setiap ajaran esoterik/bathini mengandung segi-segi eksklusif. Jadi, tak bisa dibuat untuk orang umum (awam). Segi-segi eksklusif tersebut misalnya menyangkut hal-hal yang bersifat "rahasia" yang bobot kerohaniannya berat, sehingga membuatnya sukar dimengerti. Oleh sebab itu mengamalkan tarekat itu harus melalui guru (mursyid) dengan bai'at dan guru yang mengajarkannya harus mendapat ijazah, talqin dan wewenang dari guru tarekat sebelumnya. Seperti terlihat pada silsilah ulama sufi dari Rasulullah saw, sahabat, ulama sufi di dunia Islam sampai ke ulama sufi di Indonesia.


Silsilah/Sanad Tarekat Haqmaliyah
  • Mama Raden Toto Mutholib - Pataruman Garut
  • Raden Asep Martawijaya - Pataruman Garut
  • Syeik H Muhammad Kahfi - Pataruman Garut
  • Syekh H Abdul Karim - Tanara Banten
  • Ahmad Khotib Sambas ibn Abdul Gaffar
  • Syamsuddin, 
  • Kamaluddin, 
  • Hisyamuddin,
  • Waliyuddin, 
  • Nuruddin 
  • Zainuddin
  • Syarafuddin 
  • Syamsuddin
  • Moh Hatta
  • Syeikh Abdul Muhyi
  • Syeikh Syarif Hidayatullah
  • Syeikh Abdul Qadir Jilani 
  • Ibu Said Al-Mubarak Al-Mahzumi
  • Abu Hasan Ali al-Hakkari 
  • Abul Faraj al-Thusi
  • Abdul Wahid al-Tamimi
  • Abu Bakar Dulafi al-Syibli
  • Abul Qasim al-Junaid al-Bagdadi
  • Sari al-Saqathi, Ma'ruf al-Karkhi
  • Abul Hasan Ali ibn Musa al-Ridho
  • Musa al-Kadzim
  • Ja'far Shodiq
  • Muhammad al-Baqir
  • Imam Zainul Abidin
  • Sayyidina Husein
  • Sayyidina Ali ibn Abi Thalib 
  • Sayyidina Nabi Muhammad SAW
  • Sayyiduna Jibril dan Allah Swt.
Masalah silsilah tersebut memang berbeda satu sama lain, karena ada yang disebut seecara keseluruhan dan sebaliknya. Di samping berbeda pula guru di antara para kiai itu sendiri.

143 komentar:

  1. Alamat lengkap dimana ya saya minta penjelasan mau kesana ikut tarekat tsb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu harus ada proses melalui orang yg dekat di tempat anda

      Hapus
    2. Di pataruman, tarogong, garut

      Hapus
    3. MasyaAllah barokaloh...

      Hapus
  2. Lalu bgm mau bljr kl tdk ada org dr tarekat ini disekitar sy.,bgm sy tau

    BalasHapus
  3. Tidak semudah yg kita inginkan dan bayangkan

    BalasHapus
  4. Ass mohon inponya, klau tarekat hak maliyah yg ada di cimahi alamat nya di mana, sy dah masuk tarekat mau shering aja biar bnyk saudara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mama Rdn cucu darsah,Cimahi dkt mesjid agung

      Hapus
    2. Boleh share alamat lengkapnya ka? Ke emailnyaira23@gmail.com makasih

      Hapus
    3. minta alamat jelas mama cucu dicimahinya dumana.. ditunggu pisan jawabannya

      Hapus
    4. Assalamualaikum.Barokaloh Semoga sehat Selalu Untuk Kaum muslimin muslimat yang dimuliakan oleh Allah Swt

      Hapus
    5. Salam kenal dari banten

      Hapus
  5. Mugi mugi dulur sadayana Rahmat salamet aya dina Rdho Allaah swt,, Aamiin,,

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum sy Yayan Dr Bogor,mugi para Ichwan sadyana Aya Dina ridho na abdi Ichwan ti Bogor.dupi digarut msh keneh Aya aktifitas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih Alhamdulillah seur keneh anu tawajuh

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Tiasa nyuhunkeun alamatna?

      Hapus
    4. assalamualaikum kang yayan, saya oge wargi bogor, saya hoyong silaturahmisareng nyuhunken informasi perkawis thorekat haqmaliyah ka kang yayan, nyuhunkeun alamat atau no kontak akang. saya di 0877.7042.5240. Farid

      Hapus
  7. Pami di banten di daerah mana nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Cilegon Aya Ikhwan 5 jalmi

      Hapus
    2. Punten...abdi di cilegon pami di izinan bade silaturrahim ka ikhwan nu aya di cilegon. Abdi th 2006 di Tawajjuh ku pun aki alm. Embah Rd Dahlan ( dalang sepuh di Banten ). Nyuhun keun kontak/ alamat na,hatur nuhun 🙏

      Hapus
  8. Salam sadulur... Abdi di baiat ku aki Iya (Masria) jln pangarang bdg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thn 1980- '84 saya masih sering ketemu dg pak Masria di bandung, punya anak mang Uum, apakah hari beliau masih dan dimana alamatnya

      Hapus
  9. Ass. Abd peryogi buku layang Muslimin Muslimat versi bhs Indonesia, dmn ? Infona. Nhn. Wass

    BalasHapus
  10. Abdi domisili di kota Bandung

    BalasHapus
  11. Hoyong kenal lah sareng murid aki iya

    BalasHapus
  12. Allhamdulillah ternyata banyak saudara cuma ada tdk ya yang diwilayah bekasi kota terutama bekasi utara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dibekasi utara ini kontak saya 081318207471

      Hapus
  13. Jln taman safari cibereum RT o2 RW o6

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum wr wb
    Salam dari Tegal

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum,,mohon no kontak nya yang ada di sekitar cimahi atau cibeureun atau bandung. Saya ikhwan, setelah meninggalnya mama cucu yg di cimahi sy loss contack. Kl ada yg tau tlg hub sy

    BalasHapus
  16. D Cimahi ada daerah Leuwi Dadap Cimahi Utara

    BalasHapus
  17. Minta no tlp nya dong yg bisa di hubungi atau kirim atau ke email renyprameswari@gmail.com atau tlp ke 083898592924

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini no Abah jaya ( pa Bambang)
      0852-2213-9561 guru makrifat daerah Cimahi Utara
      Salam teh nengg

      Hapus
  18. Hatur nuhun jazakallah khoron katsiro. Pami di garut masih sok aya silaturahmi?

    BalasHapus
  19. Mohon Sanadnya di tambahkan sampai mama Cecep (sekarang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh minta alamat mama cecep garut nya ?? email aja ke diarjaelani41@gmail.com

      Hapus
  20. Seyogyanya lebih Berhati-hati dan jangan dibuat main-main Ilmunya Haqmaliyah adalah lebih baik daripada memandang remeh *Pituduh Kemursyidan*, sebab tentang Tharekat Haqmaliyah tentu semua ada aturan / tata Krama / patrap / etika Keilmuan dan Etika Kemursyidan Tharekat Haqmaliyah. Jadi walaupun ada Ikhwan senior tetapi dalam diri kita ada mengganjal , tentu patut dicari kebenarannya terlebih dahulu.

    Begitu kurang lebihnya pelajaran yang saya dapat dari Al Alim Al Ulama Al Auliya Al Waliyullah Habiburrahman Wal Habibullah Mama Hazzi Syekh Ucu Cahyogi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum, kang funan ac minta kontak nya kang....

      Hapus
  21. Betul sekali bahwa tarekat Haqmaliyah merupakan keilmuan yang khususiyah,bukan sekedar dzikrullah
    tapi membimbing ke hablimminallah.

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah kapanggih oge, salam kenal ti karawang sebelah utara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karawang na di tj.pura apa dengklok kang?

      Hapus
    2. Salam...
      Abdi ti tanjungpura karawang...
      Hoyong sowan silaturahmi ka garut nyuhunkeun alamatna kang

      Hapus
    3. di karawang ge aya badal nu linggih di jenebin nya eta abah uju junaedi

      Hapus
    4. Minta alamat lengkapnya Abah Uju Junaedi apakah boleh sekedar silaturahmi kesana

      Hapus
  23. Alhamdulillah,,,,
    Salam seduluran dari sidoarjo

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah.
    Salam silaturahmi dari Depok🙏

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. silsilah sekarang siapa...?
    minta nmer kontak atau alamt jelasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kang nyungkeun infona nu di garut pataruman no wa abdi 08170218009 abdi ti bandung

      Hapus
  27. Salam Sadulur satu rasa.. abdi ti Banten lama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kang, abdi oge ti banten.
      dimana bantena Insya Allah urang silaturahmi

      Hapus
  28. Assalamualaikum ternyata banyak juga saudara ya ,saya dari bogor

    BalasHapus
  29. Assalaamualaikum wr wb.. thoreqot Hakmaliyah + sgl sesuatu hal yg bersangkutan dgn nya bs di cari infonya lsg ke kediaman kel besar Syaikh H.Muhammad Kachfi di Pataruman Kota Garut Jabar..berhubung bnyk skl yg mengaku 'guru'/ (guru sempalab)di kalangan diluar 'kokocoran' (keluarga) yg trjadi sedjak lama akibat prnah trjadi kekosongan di masa lampau..maka skl lg utk sgl hal kepentibgan yg menyangkut Thoreqot Hakmaliyah bs lsg ditanyakan ke alamat tsb. Disana bs sekalian berziaroh ke makam pendiri Thoreqot beserta para akhlinya sekaligus bs mencari tahu kondisi terakhir menyangkut Thoreqot Hakmaliyah..
    Wassalamualaiium wr wb..
    Mang iki Bandung (nampi ti Mama Alm.H.Darsah/Mama Cucu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum.. Maaf pangersa bisa minta alamat lengkapnya kediaman keluarga besar syaikh H. Muhammad Kahfi,tolong kirim ke WA saya 081373873777.. Terimakasih

      Hapus
    2. Asalamualaikum... Kahatur ka mang iki, disuhunheun wening galihna simkuring seja mundut alamat lenkep kediaman keluarga besar syaikh H.Muhamad kahfi. Kintun ka mo wa simkuring. 083817328767. Di antos hatur nuhun

      Hapus
    3. Datang aja ke brebes nanti saya jelaskan semua ten tarek abah toto dan mamacucu

      Hapus
  30. Assallamuallaikum anbd ti cimahi sami abdi ge tos lebet haqmalyah pun guru abdi linggih di cibeureum kebon kopi leuweung gede, ngan ayeuna pun guru teh tos mulih ka jari mulang ka asal, ayeuna abdi asa pareumen obor ku teu aya na pun guru teh, pami aya deui di cimahi guru haqmaliyah guru ajar padang abdi hoyong neraskeun deui. Bilih aya anu uninga guru mursyid daerah cimahi palih mana abdi hoyong neraskeun deui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asalamualaikum..hapunteun kang pami pun guru anu tos wafat mursid na tipayun sareng apa ganda sanes ,alhamdulilah abdi sami atos ngangkeun ieu ajaran thareqah haqmaliyah,guru mursid kalereusan bermukim di cimahi cihanjuang.
      Pados raos wa abdi kang etang2 silaturahmi 085722870759

      Hapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Saya belajar tarekat ini dr seorang guru di cirebon yg silsilahnya sambung ke syeh syarif hidayatullah tp Namanya Akmaliyah yg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mereka sesat.. bukan guru asli tarekat haqmaliyah, susah belajar ilmu haqmaliyah yg asli.Pendiri tarekat haqmaliyah syeh haji muhammad kahfi menunjuk guru kpd mama asep martawidjaya tunjuk lg guru kpd mama yusuf hidayat tunjuk lagi guru kpd bapa toha soeratmadja dibogor

      Hapus
    2. bisakah saya minta alamat bapa toha suratmadja tersebut?

      Hapus
  33. Dlm ketetangan buku juga tertulis nama raden acep martawijaya sebagai seorang guru yg tinggal di garut

    BalasHapus
  34. Assalamalaikum..
    Saya ada kitab layang muslimin muslimat klik aja linknya atau wa aja 0881024747222


    https://layangmuslimin.blogspot.com/2021/03/kitab-layang-muslimin-muslimat-bahasa.html?m=1

    BalasHapus
  35. Sy dari bekasi dlu belajar haqmaliyah di cibereum cimahi,nampi iyeu ti mama sayuti,sekarang sudah meninggal ada kah ihwan yg sama,setelah beliau meninggal sudah tidak pernah ketemu sareng ikhwan yg lain bilih aya mangga

    BalasHapus
  36. Klo yg dekat ke cianjur silahkan di cianjurpun ada mursyid tarekat hakmaliyah

    BalasHapus
  37. Mohon info apakah ada yg masih malaksanakan saresehan tiap bulan dari hasil pamanggihna dengan mursyid dan para ikhwan
    Hatur nuhun

    BalasHapus
  38. Abdi ikhwan anu nampi ti mama masria,pangarang bandung. Sareng bade tumaros upami kumpul ngariung para ikhwan dibandung tiap sasih dimana sareng saha mursyidna ayeuna.
    Hatur nuhun

    BalasHapus
  39. Assalaamu alaikm...seja tumaos dupi pataruman teh garutna palih mana?

    BalasHapus
  40. Assalamu alaikum,asep,tinggal di daerah bandung selatan,ciparay,abdi hoyong di ajar elmu tarekat,manawi aya nu terang guru mursyid daerah ciparay atanapi anu caket palih mana nya.
    Pami aya nyungkeun info na
    No wa asep:082113901839
    Hatur nuhun wasalam🙏🙏

    BalasHapus
  41. Info na guru mursyid daerah ciparay majalaya aya teu nya?
    Pami aya info k no wa 082113901839.

    BalasHapus
  42. Apakah ada yg dari Sukabumi
    Saya ingin belajar

    BalasHapus
  43. Assalamu'alaykum, Alhamdulillah abdi di bai'at ku Mama Toto. Manawi aya nu linggih di bakasi ieu nomr abdi 08561482148.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas di biat abah rd toto tahun berapa mas? Sy dri brebes

      Hapus
  44. salam sejahtera saya dari indramayu, guru saya Babah Nur ali dan Babah Hambali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah beliau berdua adalah abang dan adik dari bapa saya, yg tinggal di perigi bedahan sawangan depok

      Hapus
  45. Kang upami muhammad kahfi mendirikan pesantren ?

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum.. abdi ian ti bandung daerah jl.gagak.. bade tumaros perkawis tarekat haqmaliyah ka saha palih mana nya ? Ieu no WA abdi 085722422862

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di soreang insyaallah aya kang ian. Mangga kontek abdi di email atanapi wa lalalatipah108@gmail.com
      085721381707

      Hapus
  47. Asslmmualaikum...slm kenal sy dr tegal.carilah guru mursyid yg sesungguh nya.niscaya engkau akan menemukan arti kata APA.sesungguhnya manusai yang mengerti APA itu APA.itulah manusia yg beruntung.🙏

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum salam pang wanoh abdi ti soreang bandung
    Alhamdulillah orangtua saya sudah ijazah thariqoh haqmaliyah. Dan sekarang sudah di bai'at kan ke anak anaknya termasuk saya sendiri

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum wrh....wbr....aku asal gombong kebumen.tinggal di bdg selatan.banjaran.aku sudah di bai'at tgl 8 bln 12 thn 2003 di cangkuang .oleh p mamat sama p eunjang sulaiman .murid dari syeh wengku(wa uju)skrg guru aku udh meninggal.semoga aku bisa ketemu ikhwan.thareqat HAQMALIYAH.

    BalasHapus
  50. Sedulur Tareqot Hakmaliyah..saya pernah baca buku nya LAYANG MUSLIMIN MUSLIMAT psti harus ada yg guru pituduh nya'

    Salam ku untuk BANG RIDA..Beliau murid Dari Hj.madinah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Sy alumni pembaca Layang Muslimin Muslimat bbrp kali. Salam Kenal Sdrq...

      Hapus
    2. antum di baiat dengan bang rida kah ?

      Hapus
  51. slmkm.
    aya nu mengaku pengikut haqmaliyah.bikin resah warga. namina p tedi d bumi asri, gempol sari, kec bdg kulon kota bandung. tp anjeuna nyebatkeun sholat nu 5 waktu teu kedah diamalkeun nu pentingmah sholat wustho. mugia aya mursyid atanapi sesepuh2 ti haqmaliyah nu kersa ngadongkapan p tedi masihan pepeling meh tiasa uih deui ngamalkn sholat fardu. htrnuhuuun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mereka sesat.. bukan guru asli tarekat haqmaliyah, susah belajar ilmu haqmaliyah yg asli.Pendiri tarekat haqmaliyah syeh haji muhammad kahfi menunjuk guru kpd mama asep martawidjaya tunjuk lg guru kpd mama yusuf hidayat tunjuk lagi guru kpd bapa toha soeratmadja dibogor

      Hapus
  52. Saya pk aji kebumen kl mau ikut thorekhoh haqmaliyah dimana bisa minta no wa

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum sedulur, adakah yang punya kitab layang muslimin muslimat bahsa indonesia? Tolong d share saya mau belajar.
    Noiser63@gmail.com

    Terimasih yg mau. Berbagi

    BalasHapus
  54. Ass wr wb.....
    Artikel ini sangat menarik dan bermakna dalam sekali.
    Salam Kenal,
    Sudarto Digdose,
    Petani Talas Pratama
    (Tarekat Haqmaliyah - Bogor)

    BalasHapus
  55. Aya Ikhwan daerah Karawang teu nya ddnyeu
    Hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abdi ti karawang kang...aya badal di kaawang ge nya eta abah uju junaedi nu linggih di lembur jenebin desa purwadana karawang timur🙏

      Hapus
  56. Aassalamualaikum.alhamdulillah ktemu saudara saya ikhwan tarekat haqmaliyah d sini.saya bermursid sama ustazd Hambali dan baba keman pengasinan depok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam santun dari jakarta mudah2an bisa sowan...🙏

      Hapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Assalammualaikum salam satu ikhwan dan salam kenal dari saya orang jakarta selatan...mudah2an banyak sedulur dijakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waallaikumsalam wr wb.
      Dl saat sy baiat di balaraja msh di keb baru sayangnya saat ini sdh di jawa timur sedulur salam kenal se ikhwan se tarekat dr sy.

      Hapus
    2. Jakartanya dimana bang,saya dicilandak jaksel.salam rahayu

      Hapus
  59. Assalamualaikum wr,wb,salam kenal ksadayana Ikhwan tarekat hakmaliyah,mugia sadyana Aya Dina lindungan Alloh SWT,punteun kasadayana Ihwan pami bde tawajuh Kedah kanu hakna,abdi kapungkur nampi ti almarhum mama Toto Pataruman Garut,PMI bojo MH ti mama ucu cimahi ayeuna TOS ngalih deui k Garut di cepeng ku mama cecep janteun bilihtawajuh kanu sanes hakna Kedah ati-ati salam baktos ti urang Ranca ekek cecep supriadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Palih mana rancaekekna abdi di rancaekek kencana hoyong tepang kang sareng ikhwan 081221889075

      Hapus
  60. Assalamualaikum wr wb.,adakah sedulur tarekat haqmaliyah yg dr jawa Timur dan msh ada di jawa timur yg bs sy hub tlp/wa sbb sy agak pusing di bloq ini kl pake bhs sunda semua percakapannya ini cp sy 081235598212 trm ksh.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  61. Waalaikumsalam wr,wb,maaf mas saya dulu bingung harus nanya siapa tapi setelah menerima tarekat ini dikasih tau orang yang ditunjuk oleh yang berhak untuk tempat bertanya karena ada catatannya nanti tinggal kita temui orang tersebut.

    BalasHapus
  62. Kalau di Bogor tawajuh tarekat haqmaliah di mana ya saya ingin belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. babah Hambali usman di parigi sawangan.

      Hapus
    2. Waalaikumsalam... Banyak ikwan haqnaliyah yg aktif di Bogor. Mangga hub. Sudarto Digdose: WA 081286044621

      Hapus
  63. Punten kalau di Garut alamat jelasnya di mana ya

    BalasHapus
  64. Ini no hp saya 087820711250

    BalasHapus
  65. Assalamualaikum wrwb
    Salam Rahayu,..
    Abdi ti Karawang gaduh wargi di daerah semplak bogor.ti taun 2008 Acan pendak TOS teu Aya kontek.panjenengana Namina Acep

    BalasHapus
  66. Salam..Abdi ti Purwakarta

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum Infonya untuk lbh lanjut 087799106777 bayah kab lebak banten

    BalasHapus
  68. Aslmlqm dulur dulur sadaya nepangkeun abdi nurhamid di Cikarang Bekasi pencaran ti tarekat hakmaliyah Cianjur anu tepatna ti pun guru mama Rahmat gaduh guru mamah KH Muksin Kamil gaduh guru mama tur,i gaduh guru mama Jaka Garut gaduh guru seh jenal Garut gaduh guru seh Yahya Garut gaduh guru mama Kedung jamu Garut ayena abdi hoyong pisan jiarah ka makom makomna para guru tapi aca terang
    Nyuhunkeu infona

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam. Banyak dpt petunjuk ilmu mati dari ikhwan yg ga tau kpn matinya.. susah belajar ilmu haqmaliyah.. karena harus berguru kpd guru yg benar benar ditunjuk oleh guru sblmnya. Pendiri tarekat haqmaliyah syeh haji muhammad kahfi menunjuk guru kpd mama asep martawidjaya tunjuk lg guru kpd mama yusuf hidayat tunjuk lagi guru kpd bapa toha soeratmadja dibogor

      Hapus
  69. Asalamualaikum salam 🙏 nepangken wasta abdi ikhwan zaelani cianjur, linggih d bogor, murid ama tatang putra na mama masria ti pangarang, ie no wa 085718897060

    BalasHapus
  70. ASALAMMUALAIKUM. Nepangken kasadayana para Ihwan. ABDI. TI. CISARUA. CIMAHI. KARERESAN PUN GURU. RADEN MAMA DARSA

    BalasHapus
  71. salam dari majalaya

    BalasHapus
  72. asalamualaikum kumaha ikhwan sasayana serehata, nepangkeun abdi ti cisarua puncak bogor, abdi kantos di baiat ku alm abah SUNADI RASTIM, murid ti bpk masria sareung bpk UUM sumbia putrana bpk masria,
    bade tumaros ari anu neraskeun di pangaran saentos pa maria sha nya ayeuna???🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu mah biat awal kang ,tahap metoda,kalo tawajuh harus sama mursyid yang digarut, sekarang mama ucu yang tawajuh setelah pupus mama cecep

      Hapus
  73. Waalaikum salam. Pak sunadi sdh mati.. seminggu sblm mati dia ikut tawaju, nampi. Banyak dpt petunjuk ilmu mati dari ikhwan yg ga tau kpn matinya.. susah belajar ilmu haqmaliyah.. karena harus berguru kpd guru yg benar benar ditunjuk oleh guru sblmnya. Pendiri tarekat haqmaliyah syeh haji muhammad kahfi menunjuk guru kpd mama asep martawidjaya tunjuk lg guru kpd mama yusuf hidayat tunjuk lagi guru kpd bapa toha soeratmadja dibogor.

    BalasHapus
  74. Setelah mama Dayat itu ke mama Toto terus ke mama cecep sekarang mama ucu itu semua lokasinya sama digarut dekat makam hadratusyeikh mama kahfi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi mereka ngangkat sendiri jadi guru.. ga punya sanad.. sampai sekarang digarut begitu mengangkat sendiri jadi guru.. katanya dia ilmu keluarga.. ini ilmu allah bukan ilmu keluarga.

      Hapus
  75. Pada mati muda digarut akibat mempermainkan ilmu allah mengangkat diri sendiri jadi guru.. ga sah yg dibaiat.. ga ada ridho allah.. kbykn ilmu tarekat haqmaliyah yg ga punya sanad merusak nama baik haqmaliyah..

    BalasHapus
  76. Apa yg dimaksud dgn sholat daim tajali ditarekat hakmaliyah...dan kenapa sholat yg 5 waktu bisa ditinggalkan dalam seharian...saya jadi bingung ....seolah olah sholat 5 waktu itu gak ada...waktu adzan bukan ambil air wudu untuk sholat ...ini mah guru yg mengijazahnya seperti angin lalu...malahan ngobrol....saya jadi bingung dan heran...ini waktu sholat wajib malah ongkang ongkang aja...mungkin guru palsu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, numpang komen,
      Sholat Daim atau Tajali, pada dasar nya mencontoh yang dilakukan Rosululloh di Goa hiRA, dan saat prosesi tajali itu, kita akan bertemu Nur Rulloh, jadi kita betul-betul menyaksikan/Syahid pertemuan hamba dengan Rabb nya, nah saat kita menyaksikan itulah itu yang di namakan lailatul Qodar, atau malam seribu bulan... yang kadar pahala nya sama dengan ibadah seribu bulan.. atau sekitar 83 tahun..
      Jadi jangan heran atau usil, kenapa gak sholat secara sareat. yang sholat syari'at belum tentu bertemu atau menyaksikan seperti yang di bacakan dalam tahiyyat awal atau tahiyyat akhir. padahal hampir semua penganut Haqmaliyah sudah pernah melihat lailatul qadar dalam Shalat daim nya. jadi kalau mau belajar Haqmaliyah itu seperti Nabi Musa as, belajar kepada Khidir. Jadi nabi musa memandang aneh, sesat, atau pendosa kepada Khidir. Kalau banyak protes maka akan gagal dan bukan bagian nya.

      Salam dari cijawura, Buah batu, Bandung.

      Hapus
    2. Punteun ngiring masukan nna alangkah baik dan bijaknya saupami neuteupan syare'at nna oge di lakonan kan eta oleh-oleh Isro-mi'raj Kanjeung Rosul Oge nglakonan piraku urang salaku umat nna Heunteu ?
      Teras upami tajali emang teu ngagunakeun Barang sareat kitu sepertos eta panangan ??
      Salam baktos 7 pancuran ti tutup ku 10
      Punteun didieu sanes bermaksud bade debat mung silih ngechas (pangeling-eling)
      Sami kami oge ti margasari - ciwastra

      Hapus
    3. Nyuhunken alamat na kang

      Hapus
    4. Margasari patokan komplek megabrata (Mang Ade Jahit)
      081394472065

      Hapus
  77. Poekeun obor nun gusti...abdi nuju nyukcruk karuhun leluhur uyutna indung...namina uyut eunah ibuna aki abdi orang tarogong raut wajah syekh muhammad kahfi mirip sareng pun aki,tekstur tubuhna ge. ...bilih aya nu terang turunan syekh muhammad kahfi ka handapna gaduh sabaraha putra/ putri..🙏🏿🙏🏿.nyungkeun infona bilih aya nu terang

    BalasHapus
  78. Soalna abdi kadongkapan anjeuna dipiwarang kholwat 40 poe ,20 poe,10 poe...bilih aya nu uninga turunan syekh muhammad kahfi saha wae murangkalihna...punten pisan admin..infona.. abdi nuju nyukcruk karuhun 7 turunan.

    BalasHapus
  79. Assalamualaikum saderek sadulur saddayana

    BalasHapus